Saturday 16 March 2013

Apa ilustrasi ini terlihat bagus? bagus, jelek atau standar adalah penilaian masing-masing orang. Semua tergantung selera. Penilaian pertama adalah penilaian berdasarkan pandangan mata. Tapi apa konsep di balik itu semua? karena di dalam setiap gambar ada cerita ataupun arti.

Saya sengaja membuat ilustrasi tanpa mikir dalam waktu singkat, 10-15 menit, saya ingin mengenal diri saya lebih dalam. Ternyata 15 menit itu adalah apa yang akhir-akhir ini saya pikirkan tentang kehidupan. Manusia menjadi dewasa, terikat dan terbelenggu oleh berbagai kewajiban. Banyak yang manusia kejar, menapaki jalan kehidupan tanpa tahu ke depannya seperti apa. Mencari uang, jabatan dan kesuksesan itu adalah pilihan. Tapi rasanya kebahagiaan adalah hal terdalam yang dirindukan setiap individu. Pada akhirnya manusia pun tersadar, hanya cinta yang menghasilkan kebahagiaan.. cinta kepada orangtua, keluarga, pasangan, teman, lingkungan dan terutama pada Tuhan.

Hidup ini singkat.. karena manusia bukan pohon, mereka bisa berpindahlah ke tempat yang membuat lebih bahagia, lebih nyaman dan yang terpenting ke tempat dimana setiap individu bisa menghargai individu lainnya tanpa memandang "printilan"; jabatan, kekayaan yang dimiliki, status, agama, ras, anak siapa, teman siapa.. Manusia, di sini adalah saya, merindukan kebahagiaan dan kedamaian di hati dan pikiran.
(Terinspirasi sejak kepergian teman terkasih, Ario Printokorano)

No comments: